Thursday, June 23, 2016

Pola pikir orang cina dalam berbisnis

Orang cina adalah orang yang memiliki pola pikir unik, terlebih terkait dengan dunia bisnis. Berbeda dengan kebanyakan orang, orang cina mampu membaca setiap peluang yang ada untuk meraup keuntungan. Banyak diantara mereka brpikir bahwa waktu adalah uang. Sehingga, pantang bagi mereka membuang-buang waktu tanpa adanya manfaat apapun terutama manfaat secara materi.

Orang cina sukses dalam berbisnis sejatinya memiliki pola pikir yang sama dengan oran sukses pada umumnya. Orang cina memandang bahwa uang sebagai kemersekaan dan kesempatan bukan sebagai akar dari kekacauan. Karena itu, orang cina menjadikan uang sebagai satu kesempatan meraih sukses dan menjadi kaya. Uang bagi mereka adalah sumber kemakmuran dan kebahagiaan bagi diri sendiri dan keluarga, bahkan bagi orang banyak.

Oleh sebab itu, setidaknya ada 5 pola pikir yang selalu melekat pada diri orang cina, yakni;

Satu, orang cina berpikir bahwa uang harus ditabung dan dijadikan alat untuk meningkatkan pendapatan. Soal investasi, oorang cina adalah jagonya. Mereka akan menginvestasikan sebagian besar keuntungan bisnisnya untuk mmbesarkan usaha yang dikelolanya. Sehingga, kelak bisnis yang ia kelola bisa menghasilkan keuntungan berlipat, dibandingkan sebelumnya. Karna itu pula, mereka rela hidup berhemat.

Dua, orang cina berfikir bahwa sukses untuk seseorang aadalah harus mau berusaha, terjun dalam dunia bisnis, dan mengelola sendiri bisnis tersebut. Orang cina dalam hal ini berbeda dengan kebanyakan orang. Mereka tak pernah takut bahwa berwirausaha mengandung resiko. Bagi mereka resiko gagal dalam menjalankan usaha adalah wajar. Sehingga tidak patut untuk ditakuti. Mereka berani keluar dari zona nyaman semisal bekerja disebuah instansi atau lembaga, karena mereka yakin bahwa sanggatlah sulit menjadi kaya kalau hanya mengandalkan gaji sebagai karyawan.

Tiga, berbeda dengan kebanyakan orang yang melihat uang secara emosional. Orang cina melihat uang dengan logikanya. Paada dasarnya orang cina memang dikenal sangat perhitungan, bahkan sangat cermat dalam mengeluarka uang. Namun, mereka tak penah takut akan kehilangan uang mereka saat mereka yakin secara logis bahwa uang mereka nantinya bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Keempat, orang cina selalu fokus dengam uang dan bisnis mereka. Berbeda dengan kebanyakan orang yang tak memiliki keinginan kuat untuk mencapai targetnya, orang cina selalu fokus untuk mewujudkan targetnya. Mislanya, jika tahun iini mereka menargetkan keuntungan 200 juta dari bisnis yang dikelolanya, mereka akan bekerja keras, membanting tulang agar target 200 juta tersebut bisa dipenuhi. Mereka tidak akan menyerah untuk mewujudkan target tersebut.

Lima, orang cina tidak mudah dikendalikan oleh keinginan. Banyak orang cina yang sudah berhasil misalnya, tetap memilih untuk hidup secara ssederhana, dibanding menghambur-hamburkan uang untuk memenuhi hasrat dan keinginan semata. Bagi mereka, uang yang sudah didapatkan dengan memeras keringat, bahkan berjuang dengan berdarah-darah sangat tidak etis jika dihabiskan brgitu saja. Karena itu, mereka menginvestasikan uangnya. Sehingga, uang tersebut bisa digunakan oleh generasi-generasi setelahnya.

No comments:

Post a Comment