Sunday, June 26, 2016

Karakteristik manajemen bisnis

Menurut cho d.s (1995), secara keseluruhan perusahaan bisnis korea menekankan pada aspek berikut:

1.Keselarsan antar manusia, kesatuan kerjasama, pengabdian, ketekunan, keaslian, kreativitas dn pembngunan menyeluruh.

2.Kejujuran, kepercayaan, efisiensi, kualitas dan tanggung jawab. Sebaliknya, rasionalitas, manajemen ilmiah dan pelayanan bagi para pelanggan merupakan nilai-nilai yang kurang mendapatkan penekanan. Nilai-nilai ini sanggatlah berlawanan dengan nilai-nilai yang dipegang perusahaan barat yang menekankan pada originalitas, pengembangan, pelayanan terhadap pelanggan dan tanggung jawab sosial sebagai ideologi manajemen unggul.

Pada umumnya perusahaan-perusahaan bisnis korea menekankan pertumbuhan dan stabilitas sebagai tujuan manajemen mereka. Hingga tahun 1970-an pertumbuhan mendapatkan prioritas melebihi stabilitas, profitabilitas dan tujuan-tujuan lain. Baru pada tahun 1980-an, stabilitas dianggap lebih penting daripada pertumbuhan. Perubahan ini dapat dijelaskan dengan pengalaman berbagai kesulitan pahit disebabkan oleh berbagai ekspansi bisnis yang berlabihan pada tahun 1970-an dan awal tahun 1980-an.

Menurut penulis, tujuan manajemen bisnis korea ke arah stabilitas perusahaan termasuk pada orientasi jangka panjang. Hal ini dilakukan karena perusahaan bisnis korea belajar dari pengalaman bahwa stabilitas perusahaan memberikan pengalaman yang berharga jika dibandingkan dengan pertumbuhan dan profitabilitas.

Jika kondisi ekonomi suatu negara tidak stabil (misalnya terjadi inflasi) maka tidak berdampak besar bagi perusahaan yang memiliki orientasi jangka panjang. Lain halnya jika orientasinya hanya untuk mengejar keuntungan atau penulis namai dengan orientasi jangka pendek. Jika orientasinya jangja panjang maka tidak ada jaminan stabilitas bisnis, karena jika kondisi ekonomi suatu negara terjadi inflasi maka, kondisi bisnis akan mudah hancur

No comments:

Post a Comment