Bagi orang cina, nama tao zhu gong tidaklah asing. Ia adalah seorang pebisnis handal, prinsip dan filosofi bisnisnya mampu menginspirasi para pebisnis cina untuk meraih kesuksesan. Meski prinsip dan filosofi berbisnisnya sudah berusiahampir 2.500 tahun, namun prinsip-prinsip tersebut tidak kadaluarsa.
Tao zhu gong bernama asli fan li adalah seorang ahli strategi perang dan tangan kanan kaisar yue, yaitu gou jian (500 SM). Sang raja dikenal luas memiliki tabiat buruk. Karena tidak mendengarkan fan li, sang raja pun harus rela kehilangan tahta dan hidup terhina. Namun, berkat bantuan fan li, ia kemudian berhasil memimpin kembali.
Setelah peristiwa tersebut, fan li tidak menemukan kebahagiaan dalam kehidupan istana dan memilih mengundurkan diri. Ia sadar masa-masa sulit telah berlalu dan kekuasaan adalah sesuatu yang peka. Fan li kemudian mengembara ke berbagai plosok.
Demi melindungi dirinya, fan li kemudian merubah penampilan dari seorang jendral menjadi sosok rakyat jelata yang suka mengalah, lembut dan kelihatan lemah. Ia juga merubah namanya menjadi tao zhu gong. Karena cakap dalam menilai karakter, fan li sukses menjadi multi milioner pertama didaratan tiongkok.
Instansi dari ajaran tao zhu gong sangat popular. Karena ditulis dalam aksara mandarin dan sering berwujud kaligrafi. Pernah generasi 1980-an beranggapan nilai-nilai itu tidak sesuai lagi. Namun, ketika ekonomi tiongkok bangkit semua warisan itu menjadi topik bahasan dinegara maju. Dari strtegi sun tzu, 36 strategi hingga buku terakhir prinsip tao zhu gong, kedua buku sun tzu dan 36 strategi adalah aplikasi perang ke bisnis adalah tao zhu gong. Didalam pandangan tao zhu gong terdapat 12 prinsip bisnis:
Prinsip bisnis ke 1 : kemampuan mengenal orang. Mengetahui karakter orang akan menjamin kestabilan keuangan anda. (neng shi ren:zhi ren shan e, zhang mu fu).
Prinsip bisnis ke 2 : mampu menangani orang, memperlakukan orang dengan rasa hormat akan membuat anda diterima dikalangan luas dan membuat bisnis berkembang. (neng jie na:li wen xiang dai, jiao guan zhe zhong)
Prinsip bisnis ke 3 : kemampuan berfokus pada bisnis. Mengabaikan yang lama untuk mendapatkan yang baru merupkan kutukan dalam bisnis.
Prinsip bisnis ke 4 : kemampuan mengorganisasikan. Bila produk ditampilkan dengan baik, ia akan menarik perhatian banyak orang. (neng zheng dun; huo wu zheng qi, duo ren xin mu).
Prinsip bisnis ke 5 : kemampuan bersikap tangkas dan fleksibel. Keengganan dan keraguan akan menghasilkan kesia-siaan. (neng min jie:you yi bu jue,zhong gui wu cheng)
Prinsip bisnis ke 6 : kemampuan menagih bayaran: rajin dan rewel akan memmberikan keuntungan bagi perusahaan (neng tao zhang;qin jin bu dai,qu tao zi duo).
Prinsip bisnis ke 7 : kemampuan memperkerjakan dan menemptkan sumber daya manusia. Memilih orang yang tepat untuk pembayaran yang tepat akan menjamin bahwa orang tersebut dapat dipercaya dan diandalkan. (neng young ren:yin cai qi shi, ren shi you lai).
Prinsip bisnis ke 8 : kemampuan berbicara. Kepandaian berbicara bisa mendatangkan keberuntungan dan memberikan pencerahan kepada orang lain. (nebg bian lun:zuo cai you dao, chan fa yu meng)
Prinsip bisnis ke 9 : kemampuan unggul dalam pembelian. Dalam pembelian, menawar sampai setiap ons-nya tidak akan mengurangi modal anda. (neng ban huo:zhi huo bu ke, zhi ben bian jing)
Prinsip bisnis ke 10 : kemampuan mendiagnosa dan menyambar peluang serta melawan ancaman. Praktik bisa yang bijaksana membutuhkan kemampuan untuk menjual dan menyimpang pada waktu yang tepat. (neng zhi ji:shou zhu zui zhi,ke cheng ming zhe)
Prinsip bisnis ke 11 : kemampuan memulai dan menjadi contoh. Persahabatan dan kepercayaan akan muncul secara alami jika disiplin dan standar yang tinggi ditegakkan. (neng chang lu:gong xing yi lu:qin gan zhi sheng)
Prinsip bisnis ke 12 : kemampuan melihat jauh ke depan. Kapan harus mencari lebih banyak, mencenangkan dan mengendurkan, tergantung pada situasi (neng yuan shu:duo gua kuan jin,zhuo zhong er xing).
No comments:
Post a Comment