Sunday, June 26, 2016

Nilai budaya bangsa korea

Korea adalah bangsa yang memiliki harga diri dan bermartabat tinggi. Sejarah panjang terukhir dalam perjalanan peradaban mereka yang mencerminkan dinamika kebudayaan. Oleh sebab itu, tidak heran jika perubahan selalu terjadi. Berbagai kejadian domestik hingga internasional yang saling terkait. Terbukti masyarakat korea dituntut untuk selalu beradaptasi dengan sekitarnya.

Perjajahan jepang selama 35 tahun misalnya, tidak mampu menggeser kebudayaan asli korea. Hebatnya bangsa korea justru tertantang untuk menyaingi peradaban dan kebudayaan bangsa jepang,yang notabene jauh lebih mapan.

Setidaknya ada 5 nilai bangsa korea yang selalu di pegang teguh oleh setiap warga korea. Yang mereka aplikasikan dalam berbagai segmen kehidupan, termasuk dalam dunia bisnis ataupun perdagangan.

1.Satu, koenchanayo

Koenchanayo yang artinya toleransi dan menghargai orang lain. Dalam berbisnis orang korea selalu memiliki toleransi yang tinggi dan menghargai orang lain secara baik. Bentuk toleransi tersebut beraneka ragam, diantaranya adalah dengan memberikan kesempatan kepada konsumen atau rekn bisnis untuk melaksanakan transaksi secara adil.

2.Dua, kibun

Kibun berarti menghargai orang lain dan menghindari tindakan yang bisa menyebabkan orang lain kehilangan muka. Dalam berbisnis, orang korea tidak suka menjatuhkan atau menjelek-jelekkan kompetitornya. Sehingga, kompetitornya di jauhi oleh konsumen. Bagi orang korea, persaingan adalah hal yang wajar dalam dunia bisnis. Justru dengan adanya kompetitor, mereka tertantang untuk memperbaiki diri dan kualitas produk perusahaan mereka.

3.Tiga, inhwa

Inhwa berarti pendekatan terhadap keharmonisan dalam kultur bisnis korea. Hal ini tercermin dalam rasa setia pada perusahaan. Dalam dunia bisnis, orang korea sangat loyal terhadap suatu perusahaan atau tampat mereka bekerja. Pantang bagi mereka menmbocorkan rahasia perusahaan, padahal mereka mencari ‘makan’ di tempat tersebut.

4.Empat, hanh

Hanh berarti energi hidup untuk mengejar pendidikan dan melakukan pengorbanan diri demi meningktkan kesejahteraan keluarga dan negara. Dalam hal ini, orang korea seperti halnya orang cina. Bagi mereka, kesuksesan tidaklah patut dirasakan oleh dirinya sendiri. Kesuksesan juga bisa dirasakan oleh orang lain, khususnya keluarga besarnyaa.

5.Lima, jeong do management.

Jeong do management merupakan acuan filosofi bagi LG. Senantiasa menyediakan nilai tambah bagi konsumen dengan selalu melakukan inovasi berkelanjutan. Inovasi nampaknya menjadi kelebihan orang korea. Mereka selalu mempunyai ide-ide kreatif dan inovatif untuk di tawarkan pada konsumen.

No comments:

Post a Comment